Thursday, January 27, 2011

Pengalaman Wawancara IELSP

Karena banyak banget yang nanyain jadi aku tulis di blog aja ya...bagi-bagi pengalaman aja sih. Btw,selamat ya untuk teman-teman  yang lolos untuk masuk tahap wawancara. Ini pengalaman aku waktu diwawancara tahun kemarin. 
Sarapan
Ini gak bisa ditawar-tawar lagi, harus sarapan. Jangan sampai hal kecil yang terlewat mempengaruhi kesempatan besar ini. 
On Time
Aku dateng di tempat wawancara sekitar 1 1/2 jam sebelum dimulai, bahkan waktu sampai disana masih sepi gitu hahahaha. Hal ini untuk mengantisipasi kalo misalnya harus nyari ruangan atau malah kesasar. Tempat wawancaraku kemarin di Sastra UPI. Kampusnya besar jadi memang butuh waktu untuk mencapai tempat yang dituju dari gerbang kampus.
Pakaian
Agak jiper sama kontestan (halah kontestan hahahaha) lain yang pakai baju bagus-bagus,kinclong, mana cakep-cakep dibandingkan diriku yang imut dan populer hahahahahaha eits jangan ditutup dong blog nya, blon selesai cerita nih. Aku cuma pakai kemeja sama celana panjang terus cardigan (takutnya dingin) tidak lupa tas bermerek (hihihihihi ga deng). Jangan lupa pakai sepatu. Intinya sih pakai pakaian yang sopan, rapi, dan bersih. Sedikit tips, kalo mau bawa sisir. Terutama yang naik kendaraan umum kayak aku, kan rambut suka berantakan tuh jadinya bisa tetep rapi. Kalo ditanya bilang aja "cuma pake sampo".
Menunggu
Setelah kalian absen biasanya, akan disuruh menunggu sampe giliran kalian. Kalo yang ini sih sabar aja, menunggu dengan tertib di tempat yang sudah disediakan. NAH! biasanya pas lagi nunggu inilah rasa gugup & grogi mulai menggerogoti. Biar ga kayak gitu mending kalian alihkan aja dengan berbincang-bincang dengan teman atau kenalan dengan peserta yang lain, lumayan kan dapat teman baru...siapa tau ada yang cucok ;p.
Wawancara
Jangan jadikan beban,santai aja. Jawab apa yang ditanyakan dengan baik,jangan terburu-buru. Awali sesi wawancara kamu dengan sebuah SENYUMAN dan kedipan mata hahahahahhahahaha ga deng kedipinnya ga usah. Hal ini akan membantu kamu rileks. Jawab pertanyaan dengan sebeneranya dan sesuai fakta. Moto aku dalam wawancara "TUNJUKKAN KALAU KAMU SPECIAL". Setelah selesai jangan lupa tersenyum kembali dan ucapkan terima kasih. Berikan kesan bahwa kamu adalah pribadi yang baik dan tetap sopan.

Nah,itu tadi sedikit dari aku. Semoga berguna ya. Kalo waktu aku wawancara kmaren tuh pake bahasa Inggris ,lumayan ga grogi sih gara-gara udah HOPELESS ngeliat peserta lain yang kayaknya oke banget hahahahaha (saya memang aneh -_-' ) jadinya malah jadi santai. Pas nunggu juga jadi lebih rileks. Walaupun begitu rasa optimis juga harus kamu tanamkan dalam diri. Always remember that you are special. GOOD LUCK YA!!!!!!

Semangat dari aku ^_^ dan Shinbei


No comments:

Post a Comment