Friday, November 18, 2011

Cooking With Dog: The Art of Conventional Cooking Show

Hallo semua, postingan kali ini adalah tentang salah satu acara masak kesukaan aku yg namanya Cooking With Dog. Nemunya ga sengaja waktu lagi nyari resep masakan di yutup, eh nemu chanel ini dan senengggg banget soalnya pembawa acaranya choky sitohang...bukan deng hahahha soalnya resepnya oke2 dan emang acara masak ini emang sesuatuk (pake "k" biar seru) banget. 
Di tengah maraknya acara masak-memasak yang memamerkan aurat (aneh ya,masak aja pake pamer aurat), ngomongnya kebarat2tan,peralatan dapur nan canggih, maupun dapur moderen (dimana dapur nya ditata sedemikian rupa dilengkapi lampu tembak, kembang api di atas panggung, sampai konfeti2 yang berjatuhan saat masakannya jadi trus dari belakang keluar penari joget2 ular), Cooking With Dog menjadi pengobat rasa rindu akan acara masak yang kembali pada kodratnya untuk menunjukkan bagaimana cara memasak sesuatu (ga pake banget). Acara ini dibawakan oleh seekor anjing sebagai hostnya, nama anjing ini Fransis. Eitss bukan Fransis yang dipostingan sebelumnya yaaa hehehe. Fransis tidak sendiri, ia ditemani seorang ibuk (ga tw napa seneng aja nambahin "k") yang berperan sebagai cheff-nya yg cukup misterius menurut gw karna dia tidak memberitahukan namanya. Ibuk ini walaupun perawakannya kurus tapi teknik masaknya...WUIIIDIHH mantap bangetlah. Keliatan bgt doi orangnya perfectionist, duh ga kebayang kalo dia jadi calon mertua gw. Pasti kalo masak depan dia gw gemeteran, tapi kalo anaknya kaya Yamashita Tomohisa worth it lah ya (udah mulai mabok nulisnya). Eniweiii...ngeliat dia masak bisa adiktif loh, gayanya tenang tapi kerjaannya cepet,rapi, dan bersih. Yang pasti, doi jago bgt make piso. Pisonya suka dilempar2 kayak shuriken gitu. Ga deng...emang Naruto ;p
"jangan masak aku....aku haram"- Fransis, Host

Resep2 yang dibawakan adalah masakan jepang dan mostly emang resep yg susah dan rumit gitu. Mau ngikutin juga bingung hahahaha. Di acara ini, si ibuk irit banget ngomongnya, pokoknya kerjaan dia di dapur ini yaa cuma masak aja. Trus siapa dong yang ngomong ngasi pengarahan buat penontonnya? Apakah itu suara hatiku yang berbicara? Ohhh tentu tidak...! #alaIklanCombantrin. Si Fransis lah yg ngasi pengarahan step by step setiap resepnya. Ia di dubbing sama suara bapak2 Jepang namun menggunakan bahasa inggris. Lucunya adalah si bapak ini logatnya masi kental banget, jadi lumayan kocak juga dengernya. Diksi atau pemilihan kata yg dipake juga kadang agak kurang sesuai menurut gw yg keturunan indo ini. Misalnya "mengocok telur", kalo di cooking show kayak Rachel Ray dia bilangnya "mix the egg", kalo disini dia bilangnya "beat the egg". Aduhhhhh kasian banget telornya digebukin, gimana ga benjol tuh telor. Baru jadi telor aja udah digebukin, gimana ntar udah netes?!

Menurut gw pribadi, acara masak yg ada di tv skarang ini kurang bisa mengakomodasi keinginan penonton yg emang bener2 pengen tau resepnya. Kebanyakan malah udah melenceng banget , ada acara masak yg bintang tamunya banyak banget. Sampe kalo lagi masak dapurnya penuh kayak arisan. Bahkan kalo gw perhatiin resep2 yg dibawakan juga udah ga relevan lagi. Menurut gw sebagai perempuan muda Indonesia yang giat belajar masak, harusnya mereka membawakan resep2 masakan Indonesia yang terkenal akan tingkat kesulitan yg tinggi namun memiliki rasa yg otentik. Ajarin dong caranya masak rendang pake kuali, bikin getuk singkong, dan masih banyak lagi resep2 Nusantara yg emang harus dilestarikan. Klo jaman dulu ada tuh Bu Sisca yg jadi kesukaanku. Semoga kedepannya ada lagi deh acara masak yg memang esensinya buat masak, bukan buat yang lain.

Kita tutup postingan ini dengan video Cooking With Dog favorit gw, edisi bento...Enjoy! ^_^

No comments:

Post a Comment