Thursday, November 3, 2011

Fransiska: Ujung Tombak Diplomasi Budaya Korea

Udah lama sih pengen bikin tulisan ini tapi baru sempet hahahahahahaha. Alkisah, tahun 2007 lalu saat gw baru keterima di fakultas teknik (iyaaa bener kok gw anak teknik.... T_T ) dan diharuskan mengikuti medical check up sebelum ospek. Nah, saat itu masih jamannya kenal2an lah sama anak2 2007. Karena giliran gw yg belakangan iseng2lah kenalan sama anak yg duduk deket gw. Kebetulan yg duduk deket gw tuh cewe, kurus...trus tingginya lebih tinggi dari gw, rambutnya panjang, trus matanya sipit. Waktu kenalan ternanya namanya Fransiska, orangnya baik dan pinter lagi. Tapi ada satu hal yg ga gw sadari, bahwa dia bukan orang sembarangan. Dia semacam agen dengan misi khusus yang ternyata akan merubah hidup gw. Gw pun tidak pernah menjadi orang yang sama sejak saat itu.

Awalnya gerak gerik Fransis ini bisa dibilang sangat rapi, tidak tercium apapun. Namun, ia mulai memangsa korban sejak dua tahun lalu. Waktu itu gw, Fransis, dan febe (dalam kasus blognya Aros akan ditulis: Vi, Sis, dan Be) makan bubur kebanggaan bangsa Indonesia, bubur parantina. Abis itu Sis...halah gw nulisnya Fransis aja yak, ngajak gw dan Febe buat main ke kosannya. Gw ma Febe sih nyantai aja, ga curiga sama sekali. Tapi kami ga tau bahwa akan terjadi hal yang bakal merubah tidak hanya kami berdua tapi seluruh orang2 terdekat kami. Sesampainya di kosan Fransis, kami disungguhi acara variety show korea yg judulnya Explore Human Body. Acara ini menampilkan boyband korea Super Junior sebagai sekumpulan cowo2 yg melakukan percobaan2 ilmiah tentang cara kerja tubuh kita. Asli....acaranya bagus banget udah gitu lucuk (harus pake "k") pula, tidak lupa dengan kehadiran 13 cowo yg guanteng2 pisan lah. Gw dan Febe pun TERJEBAK! Kita udah masuk ke perangkap Fransis.

           ini foto waktu fransis nunjukin video2 korea k gw "ayo tonton...ayo tonton...",kata Fransis

Berawal dari situ gw dan Febe mulai diliatin banyak video2 korea hahahaha. Awalnya Suju trus DBSK lanjut SNSD trus SHInee trus Afterschool ampe gw stuck sama Bigbang. Ckckck tapi Fransiska tidak berhenti begitu saja, dia menyebarkan virus yang sama ke orang lainnya. Gw dab Febe pun bagaikan gabung ke bisnis MLM, kita mencari downline untuk ditunjukin video korea. Akhirnya korbannya semakin banyak, Bos Gri sudah bertekuk lutut sama Bang Siwon (waktu gw nulis postingan ini Si Bos dan keluarga lagi di Seol loh ckckckck), Si Gopski dengan Lee Min Ho, Dewa juga kena, Ami ampe ngences2 klo liat monitor, Ayie suka ma Taemin hahaha, dan yg paling parah itu partner gw DIVA hahahaha. Pokoknya banyak deh ga bisa disebutin satu persatu. Ga cuma kaum hawa, cowo2 juga suka banget....kaya Ariyono, Emon, Tanto, Beye...dll. Pokonya banyak deh. Sekarang pada lagi sibuk ngikutin running man...eaaaaaaaa.

Melihat fenomena yg semakin gila, gw pun mulai merasakan ada yg tidak beres. Sapai gw melihat setumpukan majalah2 korea di tukang koran gerbang. Hati gw tersentak, gw harus melakukan sesuatu. Apalagi sampe Febe berangkat ke Korea buat Ajou dan gw berangkat ke US....gw masih menemukan jejak misi Fransis disana (yang dilakukan oleh agen lain)....ARRRGGGH! Akhirnya gw konfrontasi sama Fransis. Ternyata benar dugaan gw, dia adalah agen rahasia yg dikirimkan pemerintah Korea khusus menyebarkan Hallyu. Mereka memiliki jaringan yang luas banget dan tersebar secara global. Agen-agen seperti fransis banyak sekali dan tersebar di seluruh dunia. Ini dilakukan semata2 untuk meningkatkan baigaining position Korea dimata internasional. Kamu ga tau bargaining position itu apa? Mana gw tauk, gw kan mahasiswi kedokteran.

Suungguh rumit ya interaksi yang terjadi dalam hubungan internasional. Di era globalisasi ini, diplomasi tidak hanya dilakukan dengan cara2 formal tapi juga dengan cara2 yang diluar perkiraan kamu. Tapi nasi sudah menjadi dokpoki, kasus Fransiska ini bisa dijadikan pelajaran bagi kita untuk tetap kreatif menyebarkan pengaruh negara kita. Yowees...gw cabs dulu yak, mau nunjukin video2 ayu tingting ke temen gw yang orang India.



Yuk Mari...

2 comments:

  1. INI NGAKAK PARAH BANGETTTTTTTTTTTTTT SAMPE LUPA BAHASA KAUM NINGRAT ABDI DALEM NGAYOGYAKARTA, POKOKNYA CUMA MAU MAKI MACEM SOPIR KAMPUNG MELAYU..SUMPAH INI NGAKAKIN BANGETTTTTTTTTTTTTT
    WAKAKKAKKKAKAKKAKAKAKKAKAKAKKAKAKAKKAKAKAKKAKAKAKKAKAKAKKAKAKAKAKKAKAKKAKAKAKKAKAKAKAKAKAKKAKAKAKKAKAKAKKAKAKAKAKKAKAKAKAKKAKAKA

    ReplyDelete
  2. hahahahaaa......cieeeeeeee yg sama2 korban, korban tapi kok girang ya pe hohohoho #disirambensin

    ReplyDelete